Translate

Friday 28 May 2010

MIMPI

Bagi sebagian orang mimpi mungkin hanyalah bunga tidur yang tidak ada artinya sama sekali, karena memang mimpi itu sering kali tidak karuan, dan ceritranya aneh-aneh, tidak masuk akal, kadang lucu kayak film kartun, dan lain-lain.
Walaupun begitu ada sebagian orang yang sering mencari-cari arti dari mimpi-mimpi tersebut, sehingga tidak heran jika orang-orang  sampai membuat tafsir mimpi, bahkan sampai ada terbit buku 1001 tafsir mimpi.
Dugaan saya tentang 1001 tafsir mimpi, yang keliru atau meleset  tentu banyak, tapi yang benar kayaknya jarang ya, kecuali mimpi pipis.
Yang menarik dari mimpi bagi saya bukan tentang arti-arti dari mimpi, mimpi ikan akan dapat rizki, mimpi dapat uang bakal korengan, mimpi berenang bakal kesusahan, dll, bukan itu, yang demikian baiknya jangan dipercaya, kecuali mimpi pipis bakal ngompol, baru itu layak dipercaya. Yang membuat saya penasaran dari mimpi adalah apakah mimpi itu, bagaimana manusia bisa mimpi.
Saya penasaran dengan mimpi karena saya sering dibuat aneh dengan mimpi-mimpi saya sendiri, misalnya begini :
           Suatu malam saya mimpi mengambil dan menggenggam telur ayam, kemudian besoknya sore-sore    saya luntang-lantung ke tanah kosong samping rumah, eh nemu telur ayam persis seperti  dalam mimpi itu.
            Kemudian suatu malam saya mimpi anak saya bersimbah darah di perutnya, kemudian besoknya saya iseng-iseng telpon istri ( di kota lain ) menanyakan kabar anak, eh ternyata anak saya lagi panas. Dan mimpi-mimpi lain yang sepertinya ada hubungan misterius, tapi tidak tafsir menafsir sebagaimana kamus 1001 tafsir mimpi itu.
Karena keanehan itu saya coba-coba mencari jawabannya, apa mimpi itu, bagaimana orang bisa mimpi, bagai mana mimpi bisa menginformasikan hal yang akan terjadi.
Hingga kini yang saya dapatkan dari buku-buku yang informasinya katanya hasil penelitian canggih menerangkan bahwa ada dua macam mimpi utama yaitu REM ( Rapid Eye Movement ) atau disebut kilatan mata, dan mimpi non REM, dimana saat mimpi REM, daya imajeri menjadi tak terkendali karena adanya perubahan kimiawi otak saat tidur dan karena manajer otak ( cuping frontal ) di non aktifkan, mata bergerak-gerak sedangkan tubuh tetap tenang. Mimpi REM juga tampak sangat jelas, berbentuk gambar atau lukisan dan melibatkan berbagai penginderaan.Bahkan melibatkan sensasi gerak yang penuh dengan emosi.Mengapa kita sangat terlena mengalami mimpi REM? Salah satu alasannya adalah adanya perubahan-perubahan kimiawi otak disaat tidur REM, kurir-kurir kimiawi otak acetylcholine membludak
melebihi kapasitas normal, sedangkan kimiawi nonadrenalin dan serotonin menutup kran-kran mereka. Perubahan-perubahan dalam otak ini mematikan bagian penting otak, cuping frontal, juga bagian-bagian lain di cuping parietal.
Bagian-bagian otak itu merupakan tempat kesadaran diri, sehingga benarlah pendapat yang menyataka bahwa meningkatnya emosi disebabkan oleh naiknya aktivitas sistem emosi otak di amygdale dan daerah limbik. Yang lebih menarik lagi, di bagian tengah cuping frontal yang "menyala" saat berada dibawah pengaruh hipnotis, yaitu daerah anterior cingulate juga memiliki peningkatan aktivitas saat mimpi REM. Jadi, tidak aneh apabila area otak yang sama akan aktif saat mengalami mimpi tidur REM dan saat berimajinasi di waktu terjaga. Di saat anda bermimpi seekor luwak hampir memakan teman anda, maka otak bagian belakang anda akan aktif sebagaimana saat anda melihat luwak sesungguhnya. 
Begitu juga saat anda merasakan jatuh, maupun berlari , sistem otak yang bertugas untuk keseimbangan gerak, seperti saat jatuh dan mengayun kaki, akan mencetuskan impuls-impuls syaraf sebagaimana saat anda betul-betul terlibat dalam aktivitas tersebut. Lebih dari itu, saat anda bermimpi berlari, misalnya dari mobil anda menuju pintu rumah, maka akan terdapat kesamaan antara jumlah waktu saat terjadi aktivitas impuls syaraf di bagian motor otak dengan durasi waktu dalam mimpi tersebut.
Sedangkan mimpi non REM adalah mimpi yang menyerupai fikiran normal, misalnya mimpi saat tidur siang, dll.
Inilah penjelasan yang saya kutip dari buku " Membuka Mata Pikiran & Imajinasi " karya Ian Robertson
Benar atau tidak penjelasan ini, sepertinya tidak menjawab misteri mimpi yang sering saya alami, dimana ketika malamnya saya mimpi melihat banyak ikan maka  sering kali  keesokan harinya ada yang mengeluh untuk kemudian pinjam uang.
Sebelum saya mendapatkan penjelasan lain, akhirnya saya ( dengan segala kebodohan dan ke sok tahuan nya ) saya mencoba ikut menganalisa penomena mimpi tersebut, dimana sementara ini saya berpendapat bahwa ada kekuatan atau kekuasaan pihak lain selain diri kita  sendiri yang mampu mempengaruhi otak kita pada saat otak kita  sedang beraktipitas maupun tidak sedang beraktipitas, sehingga kekuatan pihak lain tersebut bisa membuat mimpi yang bersifat informasi, apakah itu jin, malaikat, atau Tuhan. Jika tidak ada kemampuan lain , bagaimana  bisa saya memimpikan bahwa ibu saya yang berada di Tasikmalaya sedang ada masalah, padahal saya sedang berada di Bandung, walaupun mimpi saya tersebut tidak sama persis dengan yang dialami ibu saya tersebut. Juga, sebenarnya kekuatan siapa yang mampu mempengaruhi otak manusia yang kena hipnotis ?
Oleh sebab itu, Islam mengajarkan agar sebelum tidur kita diharuskan  berdo'a mohon perlindungan kepada Alloh atas jiwa dan raga  yang tidak berdaya ketika tidur, juga Alloh SWT memerintahkan dengan surat An- Naas & surat Al Falaq agar kita berlindung pada Nya dari bisikan syaitan yang terkutuk & dari mahluk lain yang dengki.





No comments: