Translate

Saturday 12 October 2013

POLA PENDIDIKAN UMAT ISLAM

          " Hal ini sangat penting mengingat banyaknya lembaga pendidikan yang berpotensi mengarahkan siswa menjadi sulit untuk bisa memiliki kecerdasan yang bagus sebagaimana hasil penelitian tersebut di atas   ( mohon maaf, terutama lembaga pendidikan berlebel Islami ), bahkan 5 tahun yang lalu saya pernah menyatakan tidak setuju terhadap salah satu program belajar sekolah anak saya ( SDIT ) karena analisa saya sama dengan hasil penelitian tersebut di atas."
           
               Tulisan  tersebut adalah cuplikan dari tulisan terdahulu berjudul " Religiusitas Berkorelasi Negatif terhadap Kecerdasan " yang nampaknya telah membuat ulama praktisi pendidikan salah paham sehingga mencurigai saya sebagai orang yang berpura-pura Islam yang kemudian punya niat buruk terhadap umat islam. Padahal  jika menyimak semua tulisan saya, semua nampak berupaya memperbaiki pemahaman Islam, walaupun keislaman saya pribadi hanya Alloh Swt yang tahu. Jadi mestinya pola pikirnya nyambung bahwa tulisan itupun maksudnya untuk memperbaiki umat islam.
               Untuk menjelaskan tulisan tersebut secara analisis detail saya ragu atau tidak yakin orang akan percaya kebenarannya karena pendidikan saya jauh dari bidang keilmuan tersebut, terlebih-lebih saya sendiripun tidak bisa meyakinkan bahwa analisa tersebut yakin benarnya . Namun sebenarnya jika seseorang langsung menolak pengetahuan orang lain, apapun alasannya maka ilmu tauhid orang tersebut mungkin belum sempurna. Bukankah Alloh Swt akan memberikan ilmunya kepada siapapun yang Ia kehendaki ? ( analisa detail terdapat di buku tentang mimpi yang saya susun 2 tahun yang lalu dan tidak diminati diterbitkan oleh salah satu penerbit ).
              Mungkin untuk membantu menjelaskan maksud tulisan saya yang lalu tersebut diatas adalah begini: 
Beberapa sekolah Islami menerapkan program menghafal Al Qur'an dengan waktu relatif singkat, bahkan di usia kanak-kanak, sementara Alloh Swt menurunkan Al Qur'an kepada Rosululloh Saw bagaimana ?. Alloh Swt. Yang maha tahu sifat-sifat otak manusia dan perkembangannya, dan manusia harus mempelajarinya dan yang pasti mintalah ilmunya kepada Alloh Swt. Wallohu alam.  
Semoga bermanfaat.

No comments: